Orang Nias Terkenal dengan matanya yang Indah

Information Breaking Of Inspiration News - Berbicara tentang orang nias bukanlah suatu hal yang tak asing lagi diseluruh dipelosok tanah air. Nias dikenal sesungguhnya bukan hanya karena hasil pertanian, pariwisata dan tradisinya saja. Beberapa penelitian dan penelusuran tentang jejak rekam orang nias banyak dikemukakan oleh sejumlah para ahli baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Orang Nias atau orang yang menamakan diri mereka "Ono Niha" (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia) dan Pulau Nias sebagai "Tanö Niha" (Tanö = tanah) ini mendapat berbagai perhatian khusus dari berbagai kalangan tertentu terutama pada bagian organ tubuh orang nias yaitu salah satunya ialah mata mereka yang indah. 

Sementara itu, RielDam Sentrajava  mengungkap bahwa “ Ciri-ciri tubuh orang nias memang  bermata sipit, berkulit putih dan sebagian juga ada yang berkulit kuning langsat, berambut hitam, cara bertutur kata yang cukup unik. Vokal suara keras dan lepas dengan bunyi-bunyi bahasa yang cepat kadang sulit dimengerti dan terkadang juga mudah untuk disimak, Tidak terlalu familiar. Serta Iramanya yang cukup cepat”. 

“Keberadaan orang Nias didalam maupun diluar daerahnya bukanlah suatu hal yang mengherankan lagi bagi masyarakat diluar Pulau Nias, Orang Nias bila bepergian atau merantau disebuah kota besar akan terasa kelihatan dan mudah dikenali banyak orang  hanya dengan bermodalkan pada keindahan matanya yang sipit dan tutur kata dari gaya bahasanya”. Lanjutnya. 

Keunikan mata orang Nias ini, mengandung banyak literatur dan sumber sejarah penelitian menyatakan sebagian besar orang nias berasal dari negeri Cina. Namun ini diperkuat dari faktor fisik atau ciri-ciri tubuh orang nias kebanyakan memiliki kemiripan dengan orang cina, yaitu kulit kuning/ sawo matang dan memiliki bentuk mata sipit. 

Manis van Houven juga Mengungkapkan “Ciri khas orang Nias, terutama dari kawasan Nias Utara, Nias Tengah, dan Kota Gunungsitoli, secara dominan dapat diidentifikasi dengan mudah, yakni berambut hitam, berbentuk oval, berkulit putih, dan berpostur tubuh sedang”. Lanjut Houven “Hal ini berbeda sedikit dengan ciri khas orang Nias yang berasal dari Nias Selatan, terutama asal Teluk Dalam yang memiliki wajah lojong dengan rahang keras dan berpostur tubuh tinggi. Meski demikian, mereka juga berkulit putih seperti orang China dan matanya juga sipit”. 

Di Kota Sibolga juga banyak sekali orang yang bersuku Nias, sekilas saja kita sudah dapat membedakan yang mana orang Sibolga dan Nias. Orang sibolga berkulit sawo matang bermata besar sementara orang Nias memiliki kulit kuning langsat dengan mata yang sipit. [RD]

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah Komentar, Dan Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan...
Artikel ini telah saya Kunci, kalau Anda membutuhkannya, Silahkan Anda Komentari dan Artikel Ini akan saya Buka Kembali...